Friday, April 3, 2020

melayani-Nya


Karena beberapa minggu ini aku sedang dirumah, aku sesekali menjaga toko. Kemarin, pagi-pagi aku ikut bantu bapak di toko, tiba-tiba ada orang lewat depan tokoku. Orang itu juga tetanggaku, ia baru saja pulang dari sawah membawa sepikul padi yang baru saja ia panen dari sawahnya. Sudah biasa orang desa kalau ada tetangganya lewat di depan rumahnya pasti di sapa walaupun hanya panggil namanya saja, beda kalau di negara lain mungkin ya.


“Pak Wijiiii, baru pulang yaa,” ucap bapakku.
“iya..” dengan tubuh yang terlihat keletihan.
“Yang sabar jiiii, kita semua di uji sesuai kemampuan, aku tidak kuat menjadi kamu, kamu juga tidak kuat menjadi aku, yaa kan?” saut bapakku mengarah ke pak wiji.
“Hahaha, iyaa.” Saut pak wiji dengan nada yang agak ceria.
“Yaa beneran itu ji..” saut bapaku.

Aku hanya memperhatikan percakapan mereka. Aku hanya mendengarkan apa yang mereka sedang bicarakan. Apa yang baru saja terjadi di depan mataku membuatku berpikir lebih dalam tentang kalimat yang di katakan oleh bapak ku.

“Kita semua di uji sesuai kemampuan kita”
Aku sangat setuju dengan apa yang di utarakan bapak. Aku sangat setuju dengan apa yang bapak jadikan prinsip. Mungkin aku sudah sering mendengar kata-kata tersebut, tetapi kali ini, aku terus disadarkan Allah bahwa kita di uji sesuai kadar kemampuan kita.

Aku tidak bisa membayangkan kalau aku menjadi seorang petugas medis, yang setiap hari harus melayani dan merawat orang sakit, aku tidak bisa membayangkan setiap hari melihat orang merintih kesakitan, mungkin aku akan resign jika aku mendapat pekerjaan itu. Tetapi hal itu lain sudut pandanganya ketika aku adalah lulusan dari kampus kesehatan atau sekawannya, pasti aku sudah siap menghadapi orang sakit, aku sudah siap bagaimana melayani orang yang sakit. Jadi kita ini mempunyai kadar kemampuan berbeda-beda dalam sisi yang berbeda-beda.


Aku yakin, ketika aku menjadi seorang guru aku InsyaAllah akan sabar menuntun muridku untuk belajar, karena aku sudah mempunyai ilmu bagaimana mengajar. Aku yakin, ketika aku mengajar aku tidak akan pernah membuat kelas menjadi sangat gaduh karena aku sudah dibekali dengan ilmu bagaimana mengatur kondisi kelas. 

Pun juga aku yakin dengan kalian semua, kalian sudah dibekali bakat dan kemampuan kalian masing-masing, kalian mampu menghadapai segala rintangan dalam hidup kalian, karena Allah memberikan kita ujian sesuai kadar kita masing-masing.



Jangan membeda-bedakan, jangan membanding-bandingkan, Allah sudah menggariskan kita berperan menjadi apa di dunia ini. Karena sesungguhnya tugas kita adalah memaksimalkan apa yang sudah kita miliki untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk menghamba pada-Nya. Maka, mari perbaiki diri untuk menjadi pelayan-Nya. Menjadi pelayan-Nya salah satunya dengan cara melayani hamba-hamba-Nya.


1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.CC ....:)

    ReplyDelete