Thursday, November 14, 2019

Bersyukur :)



Aku tidak tahu cara bersyukur yang terbaik kepada Allah SWT itu seperti apa, yang ku tahu cara bersyukur kepada-Nya yaitu meningkatkan ibadah kepada-Nya. Dan ibadah sendiri itu komplek banget maknanya. Selain menunaikan ibadah yang wajib untuk Allah, ibadah-ibadah sunnah juga perlu kita laksanakan untuk berterimakasih dan wujud rasa syukur kita telah diberikan kenikmatan-kenikmatan yang luar biasa oleh Allah. Kita tidak pernah sanggup untuk menghitung nikmatNya kan?  
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ
Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

Yaa, mulai dari kita masih kecil hingga saat ini, Allah tidak henti-hentinya memberikan rezeki, rahmat, dan hidayah-Nya kepada kita semua. Begitu baiknya Allah itu, begitu sayangnya kepada hamba-hambaNya. Sehingga, Nabi Muhammad pun yang sudah dijamin masuk surga tetap saja menjalankan ibadah dengan khusyuk, karena itu semua bentuk rasa syukur Rasullullah.
Di suatu riwayat mengatakan, ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma berkata, “Jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat, beliau berdiri hingga kedua telapak kaki beliau merekah, lalu ‘Aisyah bertanya, ‘Kenapa engkau melakukan semua ini, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan ampunan bagimu atas dosa-dosa-mu yang telah lalu dan yang akan datang?’ Lalu beliau menjawab,
أَفَلاَ أَكُوْنُ عَبْدًا شَكُوْرًا.
‘Apakah tidak boleh jika aku termasuk hamba yang bersyukur.'”[3]
MasyaAllah, begitulah Rasullullah, suri tauladan kita semua. Beliau yang sudah dijamin surga tanpa hisab saja masih beribadah sekuat tenaga, sekusyuk-kusyuknya, dan selalu memberikan yang terbaik untuk Allah, sedangkan kita yang belum tentu dijamin masuk surga, sekarang masih bermalas-malas untuk beribadah, selalu mempunyai alasan untuk meninggalkan suatu yang diwajibkan, dan lain lain. Ya Allah ampuni kami. Semoga kita semua bisa mencontoh apa yang sudah diajarkan Rasullulahh selama hidupnya. Aamiin
Berbicara tentang bersyukur, pasti kalian juga tak lupa setiap saat berucap syukur kan, seperti Alhamdulillahirobbil’alamin. Semoga ya, lisan kita dimudahkan Allah untuk mengucapkan Alhamdulillahirobbil’alamin. Karena tidak semua orang Allah izinkan mengucapkan demikian. Semoga kita dituntun Allah selalu. Aamiin.
   Tapi gengs, apa kalian pernah diberikan Allah kenikmatan rahmat atau hidayah yang luar biasa dari Allah, sehingga kalian bersyukur tingkat level tinggi? Pernahkah demikian? Jika pernah, hal apa yang kamu lakukan untuk wujud dari rasa bersyukur. Entahlah ya, semua orang memang mempunyai cara yang berbeda untuk mewujudkan bentuk rasa syukur mereka. Ada yang cara bersyukurnya dengan berinfak, ada yang bersyukurnya dengan membagikan sembako kepada masyarakat, ada yang bersyukur membantu temannya yang kesusahan, ada yang bersyukur dengan membantu orang tuanya dirumah, ada yang bersyukur dengan membelikan sepiring bakso untuk teman-temannya, dan lain-lain. 
   Tapi bukan itu essensinya dari bersyukur yang sebenarnya, kalu tidak salah dari ustad Oemar Mita, beliau berkata cara untuk bersyukur tidak hanya diwujudkan dengan bentuk tasyukuran sekampung, memberikan orang-orang barang-barang, dan lain lain. Akan tetapi beliau lebih menyarankan untuk mewujudakan rasa syukur tingkatkanlah iman dan taqwa kita. Dengan apa meningkatkan iman dan taqwa? yaitu dengan memperbaiki ibadah kepada-Nya.
Dan aku boleh ya cerita dikit dengan dua minggu yang lalu sepertinya, aku kedatangan keluargaku Jogjakarta, setelah beberapa hari menginap di rumahku, tiba-tiba dia menanyakan fi sabillah disini namanya siapa saja, siapa yang di desa ini hidup sendirian, siapa yang mengajari adik-adik ngaji setiap hari, dan lain-lain. Akhirnya aku bersama ibu dan saudara-saudaraku dari jogja menulis daftar nama orang yang berhak untuk di zakati Mall. Ya, saudaraku dari jogja ingin memberikan orang-orang yang berhak mendapat zakat Mall.
Seruu banget deh ceritanya. I will share in the next pembahasan ya..
Jangan lupa bersyukur yaaa dengan meningkatkan ibadah-ibadah untuk Allah.. J






0 comments:

Post a Comment