Thursday, November 21, 2019

Bertanya tanya ~



“Bapak, kalau aku nanti enggak jadi seperti yang bapak inginkan bagaimana?”  udah di sekolahkan tinggi-tinggi, terus aku nggak tahu nanti endingnya bagaimana,”. Aku curhat sama bapak.

Bapak belum menjawab apa-apa. Bapak menjawab dengan “Ha.. ha.. haa”. Aku menikmati ketawa khas bapak, bapak menertawakan pertanyaan yang mengusik pikiranku akhir-akhir ini.

Aku menyaut “iya bapak, bagaimana?”
Lalu ada beberapa detik terjeda diam, bapak menjawab
“Nduk, bapak nggak mau nuntut kamu apa-apa, bapak cuma bisa kasih bekal kamu ilmu, kalau kamu bapak bekalin uang pasti cepat habis, tapi kalau ilmu, itu akan yang menjaga kamu di masa depan. Dengan bapak menyekolahkan kamu, itu artinya bapak sudah melaksanakan kewajibannya untuk membekali kamu ilmu, semoga bermanfaat.” Jelas bapak.

Aku mendengarkan dengan seksama apa yang bapak ucapakan kepadaku.
“bapak nggak pengen apa-apa, tapi bapak selalu doakan kamu, semoga menjadi orang yang bermanfaat bagi nusa bangsa, dan agama.” Ujar bapak.
“iya bapak.” Ujarku dengan meneteskan air mata.
“ sudahlah, jalanin saja kuliahnya, kamu pasti bisa, dijalanin aja, dinikmati aja ya. Cari ilmu sebanyak-banyaknya, nanti ada waktunya dimana kamu susah cari waktu untuk menuntut ilmu, sekarang waktunya yang tepat untuk kamu cari ilmu, yang semangat seperti bapak gitu lhooo yaa. “ tambahan nasehat bapak panjang.

“iya bapak, InsyaAllah Allah bantu aku dengan doa-doa bapak ibuk, la ibuk dimana sekarang?” ujarku.
“ini lagi disampingku, mendengarkan suaramu.” Ujar bapak.

Diatas percakapan dalam telfon genggam setelah aku menyelesaikan sholat magrib di kosan.

Lewat bapak, Allah menguatkan ku di dalam banyak hal. Allah kirim malaikat tak bersayap bernama orang tua. Ketika down, merekalah yang selalu hadir untuk menyemangati hidup.

Ayooo kawan-kawan, jangans sampai down ya kalian, there are many things that should we get. Let’s learn anything. Semangats.. :D


0 comments:

Post a Comment