Monday, December 28, 2020

Ucapanmu cerminanmu

 

Memilih kata yang baik untuk berkomunikasi dengan orang lain terkadang sangat sulit bagiku, apalagi dengan orang yang lebih dewasa dariku. Terkadang apa yang aku katakan atau tulisakan harus ku pikirkan berulang-ulang, harus ku baca berkali-kali, agar apa yang aku tulis tidak berpotensi memberikan dampak negatif.

Terkadang juga sudah di hati-hati segala yang ingin ku ucap dan tuliskan, tetapi tetap saja kadang kecolongan, dalam arti tiba-tiba nyeplos saja. Ah itu ya, kalau belum bisa mengendalikan diri 100 %. Aku harus tetap terus belajar bagaimana berkomunikasi yang baik agar tidak menyakiti hati orang dan tidak menimbulkan gangguan psychology. Semoga tidak.

Apalagi sekarang aku udah dewasa, aku harus juga menjaga kata-kata yang keluar dari mulut. Tidak semua kata bisa aku ucapkan seketika, aku harus berusaha menyaring apa kata-kata yang ingin aku katakan pantas atau tidak. Ah begitu rumit jadi orang dewasa ya. Apalagi kalau perkataan kita sudah tidak mendidik, pastilah anak-anak sekitar kita akan meniru. Jika sumber perkataan mereka dapat dari aku, artinya ketika mereka berbicara yang tidak pantas dosa itu akan mengalir juga kepadaku. Semoga mulut ini bisa menahan agar berucap dengan ucapan yang baik-baik saja. 

Kamu apa kabar? Apa sering berkata yang tidak pantas untuk didengarkan orang sekitarmu? Semoga tidak yaa, semoga kita bisa menjaga amanah mulut ini dengan sebaik-baiknya.


Karena ucapan kita adalah cermina hati kita

2 comments: