Wednesday, December 30, 2020

30 Desember

 

 

Tidak ada yang tahu bagaimana pikiran orang lain kepada kita, dan begitupun sebaliknya, kita tidak akan pernah tahu pikiran seseorang, sekalipun mereka menceritakan dengan jelas dan gamplang pasti ada sisi-sisi yang masih di sembunyikan dalam pikiran mereka.

Ya kan?

Karena pikiran itu rumit, semakin kita memikirkan banyak hal semakin kita kebingungan untuk memilih dan memilah informasi. Oleh karena itu, baiknya kita memikirkan hal-hal yang memang harus ada dipikiran kita, memikirkan hal yang seharusnya kita pikirkan.

“Ah, terkadang sulit!! Aku masih terombang-ambing oleh pikiran yang tidak jelas arahnya, aku masih memikirkan hal yang sama. Yang mungkin itu tidak ada gunanya.”

Bisa, katakanlah pada diri kita sendiri, bahwa kita bisa pelan-pelan untuk bangkit dari sesuatu yang memang harusnya ditinggalkan. Hidup kita terus akan berlanjut, usia kita akan terus berkurang, maka sibukkalah dengan hal yang bisa memanfaatkan kebaikan atas dirimu, seperti memperbaiki ibadah.

“Ah, terkadang sulit!! Sulit sekali untuk sholat, sulit sekali untuk menerima.”

Bisa, kalau sholat memang harus kita paksakan, tetapi soal merima sesuatu hal itu perlu waktu untuk membiasakan, aku percaya suatu saat nanti kita akan bisa menerima, pelan-pelan ,accept yourself. Tidak harus sekarang, tetapi setelah ini kamu harus menerima keadaan yang ada, semua yang Allah berikan kepada kita saat ini adalah keadaan terbaik untuk kita. Maka, menerima adalah hal yang perlu kita latih setiap hari.

Lucu memang ya hidup ini, terkadang kesulitan memang datang tiba-tiba, tetapi kemudahan akan selalu datang pada saat yang tepat. Kita tidak tahu kemudahaan itu datang dari doa-doa kita yang terdahulu atau memang murni kasih sayang dari Allah. Aku tidak bisa menebak, tetapi aku harus yakin semua kebaikan yang datang pada kita adalah buah dari akhlak baik kita.

Akhirnya, aku bisa memahami tidak selamanya sulit itu berada disisi tetapi sulit dan mudah sama-sama sementara untuk hadir. Tugas kita adalah terus berdoa kepada Allah agar setiap kesulitan bersumber pahala dan setiap kemudahan bersumber keberkahan.

 

Thanks for today

Selamat Malam ~

0 comments:

Post a Comment