Sunday, September 6, 2020

Khudai Khidmatgar

Khudai Khidmatgar***

(Pelayan-pelayan Tuhan)

Melayani umat-Nya karena Dia sendiri tidak butuh dilayani. – hal 143, Biografi  Badshah Khan

 

Membaca kalimat diatas merinding, terkesima, sekaligus takjub dengan kekuatan Badshah Khan dalam meyakinkan para Pathan untuk kembali kepada Tuhan. Yang mengatakan demikian adalah para pendukung Badshah Khan yang siap sedia untuk membela kebenaran tanpa kekerasan.

Ya, para pendukung Badshah Khan membuat gerombolan yang dinamai dengan Khudai Khidmatgar , mereka dipimpin oleh Abdul Ghaffar Khan, mereka mengatakan bahwa mereka adalah pasukan antikekerasan profesional yang pertama, dan yang paling mustahil dalam sejarah. Aah, begitu semangatnya para pemuda Pathan untuk bergabung menjadi pasukan tersebut.

Aku hanya bisa membayangkan dan aku harap semangat Pathan juga mengalir kepadaku walaupun hanya membaca ceritanya yang belum selesai, semangat pemuda Pathan harus aku ambil, yaitu semangat untuk khudai Khidmatgar (menjadi pelayan-pelayan Tuhan). 

Dan aku berharap, ketika aku bisa memiliki semangat itu, aku ingin tularkan kepada para pemuda dan teman-temanku, untuk menjadi pelayan-Nya dengan ikhlas.

Oh, Allah...

Bantu hamba menjadi diri yang baik, diri yang dekat dengan-Mu, agar cahaya yang Engkau berikan kepadaku bisa menerangi sekitarku.

Oh, Allah...

Salamku untuk Badshah Khan, dan juga terhormat untuk Mahatma Gandhi, yaitu pejuang setia untuk rakyat-rakyatnya.

Semoga mereka tenang di surga-Mu.

 

0 comments:

Post a Comment