Sunday, December 18, 2022

RUANG DIRI

 

Banyaknya pertemuan dengan orang,

Banyaknya tugas yang ingin diselesaikan,

Banyaknya kegiatan yang silih berganti

Membuat diri merasa seperti ada yang hilang

Aku termenung dan berdoa

“Ya Rabb, berilah ketenangan…..”

Ketenangan yang bisa mengantarkanku lebih dekat dengan-Mu.

Ketenangan yang bisa menambah semangatku dalam beribadah

Ya, dalam sekian bulan aku merasa kehilangan ruang untuk diri sendiri, untuk sekedar menyapa diri saja terkadang terlupakan. Sehingga membuat diri ini agak sedikit stress dan merasa ada yang kurang  dari diri, seperti ada hal yang belum terpenuhi.

Rasanya aku kehilangan ruang diri.

Orang mempunyai cara yang berbeda untuk mengisi ruang diri.

Bagiku, kehilangan ruang diriku bukan tidak ada waktu untuk menyendiri, namun kehilangan ruang diriku itu artinya aku kehilangan waktu untuk sekedar menulis dengan bebas dan mefleksi apa yang sudah terjadi.

Biasanya, setiap minggu aku selalu menyempatkan untuk menulis untuk mencari hikmah, namun karena diri belum bisa mengatur waktu dengan baik, aku kehilangan momen-momen menulis ku, karena kurasa sangat amat riuh kehidupan beberapa bulan terakhir, sehingga menjadikan aku sering sakit, dan tidak mengontribusikan diri untuk menulis bebas, padahal menulis adalah hal yang sangat menyenangkan dan cara diri untuk mengumpulkan energi baru.

Memberikan ruang untuk diri sendiri di tengah riuhnya kehidupan adalah suatu hal yang sangat perlu dilakukan untuk merawat diri dan pikiran agar tetap waras dan sehat.

Memberikan ruang untuk diri sendiri adalah sebuah ketenangan, membiarkan dirimu dan Rabb-Mu bebincang-bincang dalam kesunyian adalah kenikmatan yang mungkin butuh perngorbanan untuk kamu yang sedang dalam kesibukan.

Sesibuk apapun kita, berilah ruang untuk diri kita sendiri, agar pikiran kita terbuka dan bisa menghayati apa yang ingin dan sudah kita lalui..  tetap semangat berjuang untuk kehidupan…

0 comments:

Post a Comment