Wednesday, February 26, 2020

Cerita mereka


Hampir setiap hari rasanya, Allah mengingatku bagaimana harus selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, dengan memberi tahuku macam-macam ujian dalam hidup ini lewat berbagai cara. Salah satunya, lewat ujian yang dialami teman-temanku, sering saja terharu oleh apa yang sedang terjadi pada teman-temanku, mereka yang percaya padaku selalu saja membuatku merasa tidak ada apa-apanya dibanding jalan hidup mereka. Mendengarkan segala keluh kesah mereka adalah hal yang membuatku berpikir untuk lebih memaknai hidup ini. Mungkin ini cara Allah untuk menyentilku agar selalu bersyukur atas segala keadaan yang ada.


Jika Allah mengizinkan, aku benar-benar ingin menuliskan cerita-cerita mereka dalam sebuah tulisan inspiratif. Walaupun aku tidak mengalami kejadian yang mereka rasakan, setidaknya aku bisa mencurahkan apa yang aku rasakan ketika mereka bercerita. Ya Rabb, sungguh agung Engkau ini dengan segala kuasaMu. Intinya, tidak ada yang bisa mengalahkan takdir yang digariskan Allah dan kita benar-benar berada dalam orbit perjuangan kita masing-masing. It’s strongly true that everybody battles on different path.


Allah kadang ngasih aku nasihat atau reminder dari cerita-cerita yang di alami teman-temanku. Ada yang bercerita menangis tersesak-sesak, ada yang bercerita dengan penuh antusias, ada juga yang bercerita sekedar cerita, dan tiap orang mempunyai karakter how to tell their stories to me, it makes me so touchfull hearing their story life. Aku tidak bisa membayangkan jika aku menjadi mereka, aku tidak bisa berpikir apa yang harus aku lakukan jika berada di posisi mereka. La qawla, Allahlah yang memampukan mereka melewati segala ujian yang hadir setiap harinya and I believe it.

Pernah juga satu hari aku di hadirkan beberapa orang temanku dengan masalah yang berbeda, tidak ada yang sama cerita yang satu dengan yang lainnya, tapi mereka harus tahu bahwa apa-apa harus di serahkan ke Allah dulu. Kita boleh sedih, kesel, dan merasa tidak berdaya saat ujian datang, tapi yang perlu kita ingat adalah kita punya Allah yang Maha Besar atas segala sesuatu, jadi patutlah kita sebagai hambanya melaporkan dahulu apa-apa masalah kita, minta petunjuk kepadaNya dan tugass kita selanjutnya adalah bersabar.  

Walaupun kita tidak seutuhnya merasakan apa yang teman kita rasakan, setidaknya mendengarkan dia bercerita dan tidak menentangnya adalah hal yang mereka butuhkan, karena orang itu juga banyak macamnya ya, jadi kalau kalian di curhati seorang berusahalah untuk mendengarkan yang baik dan jangan membuat mereka down jika berada diposisi yang terlalu jatuh. Berikanlah semangat dan dorongan untuk bangkit dan mendekat dengan Allah, insyaAllah Allah selalu mendengarkan keluh-kesah setiap hambaNya yang berdoa.


Memang ya, semakin kita bertambah usia pasti semakin komplek juga masalah yang ada. Ya makanya, semakin bertambah usia kita diharapkan untuk bertambah pula kesabaran kita, bertambah pula keluasaan hati kita, bertambah pula wawasan kita, agar kita tidak memandang suatu hal itu hanya sesempit apa yang sudah kita ketahui. Itulah mengapa kita sebagai orang yang sudah dewasa perlu sekali memahami dan memaknai setiap kejadian agar kita belajar dari hal yang pernah kita lalui. Semoga semakin kita dewasa semakin bertambah pula kebaikan-kebaikan yang kita laksanakan.



1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete