Friday, January 21, 2022

Pemandangan indah


Hari Jumat, 21 Januari 2022

Disepanjang perjalanan menuju stasiun, aku memperhatikan orang-orang yang aku lewati. Orang-orang yang sibuk dengan pekerjaanya masing-masing, yang fokus akan dunianya masing-masing. Satu demi satu aku amati, namun aku tidak bisa mengamati dengan lama karena aku sedang dalam kendaraan yang hanya melintas saja dari kesibukan mereka.

Salah satu kesibukan yang aku lihat adalah aku melihat seorang bapak-bapak berkaos putih yang turun dari mobilnya. Dia memparkirkan mobilnya tepat dipinggir tumpukan pos pembuangan sampah di dekat danau kampusku. Ternyata, setelah aku amati lagi, dia menghampiri seorang ibu2 yang sudah tua yang sedang membersihkan sampah didekat pos pembuangan sampah tersebut. Yang aku tahu, ternyata bapak-bapak itu merunduk sopan dan mengulurkan sebuah kresek berwarna putih yang sepertinya itu berisi sekotak nasi untuk ibu-ibu tadi.

Aku tidak tahu pasti percakapan mereka berdua, aku hanya menerka-nerka saja kalau bapak berkata “ini untuk ibu, buat makan” dan ibu itupun menjawab “wah, terima kasih banyak, nak”.

Yaa gambarannya seperti itu,  namun aku tidak bisa mengamati mereka karena kendaraan yang aku tumpangi tetap melaju meninggalkan ibu dan bapak tadi.

Dalam hatiku, “pemandangan yang indah”. Dimanapun ada kebaikan-kebaikan yang manusia terus tenun, kebaikan yang Allah perlihatkan kepadaku adalah sebuah tanda bahwa ada banyak diluar sana orang-orang baik yang peduli dengan saudaranya. Dari situ Allah telah izinkan aku melihat satu dari sekian banyak kebaikan yang orang lakukan disetiap harinya. Seperti  memberikan makanan kepada orang-orang disekitar, berbagi dengan orang lain, sungguh itu pemandangan yang indah dipagi ini, di hari jumat yang sangat berkah ini. Aku doakan siapa orang itu, semoga Allah balas kebaikannya dengan kebaikan yang berlipat. Aamiin yarobbal’alamin.

Dengan melihatnya kebaikan bapak-bapak itu, semoga otot kebaikannya menular kepada orang-orang yang menyaksikan langsung kebaikan itu, termasuk diriku.

Semoga dengan semakin banyaknya kita melihat kebaikan-kebaikan orang lain menjadikan diri kita lebih peka dan termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

Semoga dengan semakin banyak kita melihat kebaikan-kebaikan disekitar kita menjadikan hati kita lebih mudah untuk melakukan kebaikan yang serupa.

Semoga kita tidak lelah untuk terus melakukan kebaikan-kebaikan disetiap harinya sampai ajal menjemput kita.

Semoga Allah izinkan kita terus melakukan kebaikan, menenun amal terbaik untuk bekal bertemu-Nya.

Selamat Hari Jumat ya, semoga hari ini keberkahan selalu Allah berikan kepada kita semua.

Aamiin

0 comments:

Post a Comment