Tuesday, August 27, 2024

Tentang hidup

  

Hidup itu tentang bagaimana kita merespon tindakan demi tindakan dari orang lain. Hidup juga tentang terjadinya pertemuan demi pertemuan dengan orang lain. Hidup itu tentang bagaimana mengelola emosi demi emosi dengan diri sendiri dan orang lain. Hidup itu banyak definisinya, tinggal kita mau ambil definisi terdekat seperti apa.

Hidup akan lebih bermakna ketika kita benar-benar menyadari bahwa kita tidak hidup selamanya di dunia, sehingga kita yakini waktu sangatlah penting dan tidak akan menyia-nyiakan waktu sedikitpun untuk hal yang membuat kita terpuruk. Menggangap waktu itu penting sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk hal yang tidak bermanfaat untuk diri kita maupun orang lain.

Namun, manfaat atau tidaknya waktu kita hanyalah diri kita sendiri yang tahu, tidak seyogyanya kita menilai waktu orang lain sia-sia dalam sudut padang kita. Mungkin saja scrolling ig menurut sebagian org hal yang membuang waktu tapi hal itu menjadi hal yang manfaat ketika kita tujukan untuk cari informasi yang penting, untuk entertaining hal yang buat diri kita semangat lagi, scroll tiktok untuk cari informasi terkini, tentunya dengan porsi waktu yang sesuainya semuanya pasti akan menjadi bermakna.

Yang sering aku dengar tentang hidup adalah ia sebuah hadiah yang Allah berikan kepada setiap hamba-Nya. Hidup sebuah hadiah yang perlu dirayakan, perlu disyukuri, dirasakan, dan dinikmati. Tidak perlu ikut campur bagaimana orang lain menghabiskan hadiah itu, mungkin caranya dan cara kita berbeda dalam menikmati hadiah tersebut. Semuanya adalah tanggung jawab masing-masing kepada Sang Pemberi hadiah.

Yang terpenting buatlah hidup ini bermakna dan bermanfaat sebisa dan semampu kita. Mari menikmati hidup dengan meraskan kasih sayang-Nya yang begitu luas dan tak terbatas.🥰

 

0 comments:

Post a Comment