Sunday, August 4, 2024

Switch Mood

Dengan banyaknya kegiatan yang harus dilakukan, orang yang harus ditemui, dan tugas yang harus disetorkan, menjadikan diri sendiri butuh jeda untuk mengumpulkan energi lagi. Kalian mungkin juga begitu kan? ketika mendapati kegiatan yang padat merayap pasti disisi lain ingin mengambil jeda. Namun, ketika jeda mungkin belum bisa kita ambil, skill switch moodlah yang harus kita punyai.

Yang aku pahami tentang switch mood adalah mengalihkan kondisi atau keadaan dari yang sekarang kita rasakan, kita pikirkan, kita alami, atau present feelling, ke kondisi yang harusnya dan sebaiknya kita punyai sesuai dengan kebutuhkan kita agar kita tidak berlebihan atau terpuruk dalam kondisi sekarang. Intinya, mengalihkan mood yang buruk ke mood yang baik.

Sebenarnya diriku juga masih belajar dengan switch mood ini, karena memang susah mempunyai skill ini jika tidak benar-benar sadar, tidak bisa mengendalikan diri, dan tidak memahami diri secepat mungkin. Apalagi, dari masing-masing kita punya background knowledge yang berbeda-beda dalam menanggapai sebuah persoalan. It means that we have different switch mood skill.

Sebagai orang yang sedang tumbuh dewasa, pasti skill switch mood ini benar-benar harus dipunyai dan dipelajari setiap hari. Tentunya, skill ini akan berperan penting untuk kelangsungan hidup, apalagi untuk pekerjaan yang kita geluti, pasti kita akan mengalami dan merasakan banyak mood dalam sehari, tidak mungkin dalam satu hari kita hanya merasakan satu mood saja.

There are so many moods we experience in a day. Contoh kecilnya saja seperti ini, paginya kita merasa senang banget karena dapat kesempatan tertentu, eh tertnya siangnya kesempatan itu tidak jadi. Nah, saat itulah kita bisa melihat mood apa yang diraskan, paginya senang siangnya sedih, saat itulah kita harus mengaktifkan skill switch mood kita, dengan sadar bahwa bilang ke diri sendiri “tidaka apa-apa” semua ada waktunya. Sehingga dengan pelan-pelan mood kita akan kembali ke positive mood lagi.

Mungkin di lain cerita juga kita banyak mengalami kejadian demikian yang berbeda kondisi, oleh karena itu, kita harus mempelajari banyak mood agar kita bisa switch mood yang lebih baik secepat mungkin agar tidak terlalu berlarut-larut. Dan mood yang kita rasakan itu bertalian erat dengan hati kita. Artinya, ketika hati kita bersih ya kita mudah untuk ngeswitch mood kita. Tapi kalau hati kita ini banyak bebannya, mungkin sulit untuk segera switch mood.

Jadi perlu kita ingat bersama-sama ya, hati itu yang membolak-balikkan Allah, jadi yang punya kuasa penuh membersihkan hati kita ya, Tuhan kita, ya Allah yang bisa. Ayok sering-sering doa agar hati kita bersih, agar hati kita tidak cenderung ke hal yang buruk sehingga kita bisa secepat mungkin nge-switch mood kita ke kondisi yang baik.

Ayok belajar bareng-bareng mempunyai skill switch mood dengan berdoa meminta Allah untuk membersihkan hati kita, agar kita bisa menjaga mental health kita, agar hari-hari kita terasa begitu berarti. Selamat belajar untuk mempunyai skill switch mood yang lebih baik. 

0 comments:

Post a Comment