Thursday, April 8, 2021

Kejutan di bulan februari :)


Masih dalam cerita februari, ternyata Allah juga memberikan kejutan yang sangat special untukku. Disaat aku sakit dan keluargaku dalam kondisi duka sehingga aku tidak bisa mengerjakan thesisku dan sering absen jika bimbingan bersama teman-teman, ada kabar baik yang dikirim lewat pesan emailku, yaitu kabar dimana artikelku untuk syarat kelulusan akan terbit di bulan maret. Alhamdulillah, rasa syukur tak terhingga dan sujud syukur pastinya ketika aku mendengar kabar baik itu. Tak lupa aku juga mengabari kedua dosen pembimbingku yang selama revisi membantuku. Beliau semua juga ikut senang dan mengucapkan selamat. Kata salah satu dosen pembimbingku “selamat ya Nin, semoga atas diterimanya artikelmu bisa menjadi penyembuh sakitmu.”  Dan ku balas “aamiin”. Kedua dosen pembimbingku memang Allah takdirkan untuk membantuku dalam belajar bahasa Inggris. Semoga keduanya diberikan Allah kesehatan, keberkahan, dan kebaikan yang berlimpah di kehidupannya, pun semoga bahagia untuk dunia dan akhiratnya kelak. Aamiin

Sekali lagi sering aku mengingat kata ustad Salim yang bercerita dalam bukunya, ketika suatu kejadian itu datang kepada kita, kita tidak tahu itu ujian atau rahmat dari Allah. Pada akhirnya apa yang menimpa diri kita itulah yang terbaik untuk kita. Jika di sangkut pautkan dengan kehidupanku, mungkin di awal februari berat untukku, namun di akhir februari adalah rahmat dan karunia Allah. Karena untuk terbit di jurnal sinta 2 memang membutuhkan waktu yang lama, sejak bulan september 2020  aku submit artikelku ke jurnal, dan butuh proses selama enam bulan untuk bisa terbit, yaitu di bulan maret 2021. Bukankah semua ini atas ridho Allah swt dan pertolongannya hingga sampai aku bisa menerbitkan artikel di jurnal sinta 2? . iya, pastinya semua ini adalah pertolongan Allah SWT. 

Mungkin  untuk sebagian orang diterimanya sebuah artikel di jurnal sinta 2 adalah hal biasa saja, namun untuk ku yang belum pernah mempunyai pengalaman menerbitkan artikel di sinta 2, hal ini sangatlah bermakna dan menyenangkan untukku, alhamdulillah.  Tidak hanya untukku, untuk ibuku juga, beliau selalu berdoa semoga artikelku diterima di sinta 2. MasyaAllah tabarakallah, doa ibuku memang luar biasa dahsyatnya. Jadi jangan meremehkan doa ibu kita ya teman-teman.  

Dengan kabar baik diatas, sudah seharusnya aku berterima kasih kepada Allah, ucapan alhamdulillah juga harus ucapkan setiap hari. Ya Rabb, betapa baik nya Engkau kepada hambamu ini, semoga Engkau juga membantu teman-teman hamba yang sekarang sedang berjuang menyelesaikan artikelnya, Aamiin.

Dengan di terimanya artikelku di sinta, itu artinya semangat belajarku juga harus dipompa lebih lagi, because it’s just beginning. Ada banyak hal yang belum aku ketahui dan ilmu yang belum aku kuasai. Aku harus banyak-banyak membaca artikel, banyak-banyak menulis, sehingga kemampuan menulis dan membacaku meningkat. Semoga Allah mudahkan aku menuntut ilmu ini, dan semoga ilmu yang sudah aku dapatkan bermanfaat untuk semuanya. Aamiin

Jadi, teman-teman, jika kita diberikan Allah kemudahan di suatu hal itu artinya kita harus meningkatkan kemampuan kita di bidang itu, kita tidak boleh diam terlalu lama karena sudah diberikan kemudahan dan pencapaian, namun kita harus tetap belajar lagi dan lagi untuk mengasah kemampuan kita. semangat ya untuk kita semua yang menggeluti bidang kita masing-masing. We have to remember that Allah creates us with a purpose. Kita punya tujuan dihidupkan di dunia ini, yaitu seperti yang telah di sampaikan oleh Ustadzah Yasmine Mogahed bahwa tugas kita di dunia telah dituliskan di Al-Qur’an ayat 56, surat Az-Dzariyat : Wama khalaqtul jinna waal insa illa liya’ buduun, yang artinya  “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. Ustazah Yasmine mengatakan bahwa beribadah itu mempunyai konsep yang konprehensive dalam islam. Sehingga  bisa kita katakan bahwa menuntut ilmu juga termasuk ibadah. Semua aktivitas kita sehari-hari kita harus niatkan untuk ibadah. Apa yang aku tulis sebelumnya adalh bentuk pengingat diri sendiri bahwa aku juga masih berusaha untuk memperbaiki ibadah dan meniatkan segala sesuatu untuk ibadah kepada Allah.

Ayo kita bersama-sama bersemangat untuk beribadah kepada Nya ya. Semoga apa yang aku tuliskan diatas bisa bernilai ibadah juga, semoga kalian yang membaca tulisan ini bisa mengambil hikmahnya. Aamiin

 

2 comments: